Teks Berjalan

Salurkanlah sebahagian penghasilan anda: baik zakat, infaq, sodaqoh maupun sumbangan lainnya untuk pembangunan Masjid Sabilurrasyad

Minggu, 30 Oktober 2011

NU Prediksi Idul Adha 6 Nopember 2011

Hari Raya Idul Adha di Kalimantan Selatan di Prediksi jatuh pada hari Ahad, 6 Nopember 2011.
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Kalsel, H. Sarbaini Haira mengungkapkan, Idul Adha di Kalsel kemungkinan akan berbarengan. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Kemnterian Agama Kalsel yang memprediksi Idul Adha bakal tidak ada perbedaan. "Kemungkinan besar tidak ada perbedaan, sehingga perayaan Idul Adha bisa bersamaan digelar" ungkapnya.
Sebelumnya ahli ilmu falaq di Kementerian Agama Kalimantan Selatan juga memprediksi Idul Adha 1432 Hjriyah akan jatuh pada tanggal yang bersamaan yakni 6 Nopember 2011. Kemenag Kalsel sendiri akan melakukan rukyatul hilal untuk melihat posisi hilal. Menurut Sarbaini Idul Adha tidak seperti Idul Fitri yang berada diawal bulan. Karena 1  Dzulhijah 1432 Hijriyah jatuh pda tanggal 28 Oktober, maka 10 Dzulhijah 1432.H atau Idul Adha jatuh pada hari Ahad 6 Nopember 2011. Idul Adha bukan diawal bulan, tapi sudah hari ke 9, 10 dan 11 yang disebut dengan Hari Tasyrik katanya.
Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, yang hari itu merupakan hari yang jatuh persis 70 hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Hari yang ini beserta hari-hari Tasyrik diharamkan berpuasa bagi ummat Islam.
Senada dengan Sarbaini, ahli Ilmu Falaq Kementerian Agama Kalsel, Mubarak yang memprediksi Idul Adha akan sama . Pasalnya posisi hilal kemungkinan diatas 4 derajat. Sehingga hal ini memungkinkan Idul Adha akan serempak di Kalsel dan tidak ada perbedaan. "Untuk tempat rukyatul hilal, kita masih seperti biasa, nantinya akan dilaksanakan diatas gedung Bank Kalsel. Memang tiap tahun biasanya kita melakukannya disana.
Kemungkinan besar Idul Adha bisa bareng dan tidak berbeda. Hal ini karena posisi hilal yang diperkirakan bakal diatas 4 derajat" jelasnya lahi.
( Sumber digali dari Harian Radar Banjarmasin )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar